Yuk Intip, Keseruan On Boarding Hack Idea #7 !

Di dalam suatu perusahaan, karyawan diharapkan ikut berperan dalam mengembangkan dan menjadi roda penggerak bagi perkembangan perusahaan. Kenapa begitu? Karena perusahaan juga harus selalu bertumbuh dan karyawan juga butuh tempat untuk mencurahkan semua ide dan gagasan yang mereka miliki.

Memberikan kesempatan kepada karyawan untuk menyalurkan ide mereka, sama halnya dengan memberikan kesempatan kepada karyawan untuk dapat mengembangkan potensi yang mereka miliki. Inilah salah satu hal yang mendasari Telkom untuk menampung ide-ide inovasi dari karyawan melalui Program Hack Idea yang merupakan bagian dari Program Digital Amoeba.

Hack Idea merupakan program Core Value AKHLAK dengan memanfaatkan Design Thinking, Experimentation dan Collaboration sebagai wadah berinovasi bagi karyawan Telkom Group guna mengembangkan produk atau solusi digital yang mampu menjadi revenue generator atau cost efficiency. Program ini telah berjalan selama 5 tahun yaitu dari tahun 2017 dan diadakan kembali tahun ini HackIdea #7.

Karyawan Telkom yang memiliki ide-ide inovatif bisa mewujudkannya menjadi inovasi melalui program Hack Idea. Dengan mengikuti program ini, karyawan akan dibekali wawasan tentang Design Thinking, Golden Circle, Lean Canvas, Business Model Canvas, dan yang terpenting bagaimana caranya mengubah ide menjadi suatu produk atau solusi yang memberikan efisiensi cost atau revenue baru bagi Telkom Group. Adapun syarat untuk mengikuti Hack Idea cukup gampang, para peserta harus terdaftar sebagai karyawan Telkom Group, melakukan submit ide-ide melalui platform IdeaBox (Idea Generation), melakukan tahap inkubasi Customer Validation & Product Validation (Problem Solution-Fit) (Idea Development), Mentoring, dan yang terakhir yaitu Celebration.

HACK Idea #7 kali ini mengusung tema “Bagaimana meningkatkan dan meng-improve produk Telkom sebagai new revenue generator di masa depan?”. Pelaksanaan Open Submission Hackidea #7 Telkom Group ini telah dilaksanakan pada tanggal 26 Juli sampai 8 Agustus tahun 2021 dengan total submission sebanyak 1.375 ide dan saat ini telah ditetapkan Top 100 dan Assignment Ideabox.

Sesuai journey, untuk tahap selanjutnya adalah inkubasi Customer Validation & Product Validation (Problem Solution-Fit) bagi peserta yang masuk Top 100 Hack Idea #7. Sebelum melakukan validasi, peserta diberikan pembekalan berupa Self Learning dan Online Class Interactive sesuai dengan role (hipster, hacker, dan hustler) dari masing-masing tim. Pelaksanaan Self Learning sudah dimulai tanggal 18 Oktober 2021 dan dilanjutkan Online Class Interactive dari tanggal 21 sampai 22 Oktober 2021. Untuk itu pelaksanaan On-Boarding dilakukan full dari tanggal 18 Oktober 2021 sampai dengan 22 Oktober 2021.

Setelah pelaksanaan On-Boarding, pada minggu ini peserta akan masuk tahap Idea Development, dimana semua peserta melakukan Customer Validation, yaitu melakukan identifikasi tentang customer/user dan problem yang dihadapi oleh customer, apakah valid sesuai dengan inovasi atau solusi yang ditawarkan.

Gimana,Sobat Innovator sudah siap melakukan customer validation? Jangan khawatir, kita ada tips and tricks buat kalian bagaimana caranya melakukan customer validation ala tim Hack Idea, langsung saja kunjungi LinkedIn kita di https://bit.ly/3EKPZ1t. Jangan lupa turn on notification website kita juga yaa di digitalamoeba.id supaya engga ketinggalan informasi!!

Semoga Bermanfaat, Salam Inovasi!!

Penulis : Siska Amelia

Kurator : Yudhi Amrial, Dimas Putra A & Lingkan Putri W.P

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *