WFH Tools ala Tim Digital Amoeba

Holaaa Sobat Innovator !!!

Kalian sadar gak kalo WFH (Work From Home) ini sudah memasuki jilid 2? Pemerintah juga sudah berlakuin PPKM yang sampai saat ini tak kunjung berakhir, entah sudah sampai level berapa. Sobat-sobat innovator harus siap siaga nih untuk mengarungi dunia per-WFH-an.

Nahh, dari awal pandemi Covid-19 tim Digital Amoeba juga sudah melakukan WFH, dan kali ini kita mau share nih ke sobat-sobat pekerja online, WFH tools yang dipakai buat bantu kerjaan kita. Nah ini dia tools ala tim Digital Amoeba untuk menunjang kelancaran task saat WFH (Work From Home).

  1. UC&C (unified communication & collaboration)

Menggabungkan layanan komunikasi dan kolaborasi dalam satu interface seperti instant messaging atau chat, video conferencing, online whiteboards, dan sebagainya yang tujuannya untuk meningkatkan efisiensi kerja tim atau karyawan, baik dari kantor maupun WFH (Work From Home). Tools yang sering tim kita gunakan yaitu:

  • Lark

Platform komunikasi dan kolaborasi yang memiliki fitur lengkap dari mulai : messaging, conference call/online meeting, calendar, dll. Lark digunakan tim untuk koordinasi internal tim dan terkadang juga external (via invitation).

“Pada platform Lark terdapat beberapa fitur, seperti fitur kalendar, dengan adanya fitur tersebut memudahkan kita untuk melihat jadwal teman satu tim dan bisa mengatur jadwal bersama teman satu tim, terdapat fitur dokumen juga jadi bisa edit dokumen secara online bersama rekan kerja, bisa edit dokumen ketika videomeeting juga, dan terakhir ada fitur reaction jadi bisa balas pesan hanya dengan mengirimkan emoticonreaction“. Tutur tim Digital Marketing.

  • Zoom

Tools untuk video conferencing atau online meeting, merupakan salah satu vidcon tools yang userfriendly, umum digunakan serta dilengkapi fitur basic hingga advance seperti breakout room atau whiteboard. biasanya digunakan tim untuk meeting dengan external tim atau digunakan untuk event-event yang membutuhkan banyak participant.

  1. Data collecting

Survey tools digunakan untuk mengumpulkan data mulai dari event feedback, penjurian, riset, hingga uservalidation. Tools yang biasa digunakaan biasa digunakan tim adalah Typeform, karena dianggap paling user friendly.

  1. Brainstorming tools

Tools yang berupa online board ini biasanya digunakan untuk ideation atau brainstorming ide, melakukan design sprint, dan juga digunakan untuk scrum event seperti sprint retrospective. Tools yang biasa digunakan adalah Miro dan Mural.

  1. Project management tools

Tools yang digunakan untuk membantu mencatat progress kerja Amoeba dan AMA, yaitu seperti:

  • Basecamp

Platform yang digunakan tim AMA atau Amoeba untuk update progress inovasi mereka.

  • Board.digitalamoeba.id

Platform yang digunakan untuk tim AMA atau Amoeba untuk mencatat progress kerja scrum mereka dan perlu kalian tau bahwasanya platfrom ini khusus dibuat sendiri oleh tim Digital Amoeba.

  1. GIT

Software berbasis Version Control System (VCS) yang bertugas mencatat perubahan seluruh file atau repository suatu project. Tools yang sering tim kita gunakan yaitu:

  • GitLab

Platform yang digunakan sebagailayanan cloudhosting yang bertugas menyimpan dan mengelola repository Git tersebut.

Itulah beberapa WFH tools yang digunakan oleh tim Digital Amoeba. Dengan tools inilah tim kami dapat bekerja secara maksimal layaknya bekerja biasa di kantor.

Gimana nih kalian sudah tahu dan pernah mengaplikasikan tools tersebut? Atau ternyata kalian baru pertama kali tahu? Kalau begitu semoga dapat memotivasi kalian untuk bisa mencoba tools-nya dan semoga bermanfaat ya sobat !

Salam Inovasi !!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *