Udah Tau Belum Apa Itu People Analytics?

Halo Sahabat Inovator! Mungkin data analytics udah familiar dengan kita. Tapi udah sesering apa kalian mendengar people analytics? Terus kegunaannya apa? Menganalisa orang-orang? Pasti bingung kan, kalo gitu langsung simak informasi berikut ini yuk!

People analytics adalah metode yang berfokus pada data untuk mempelajari rangkaian proses secara keseluruhan di tempat kerja demi mencapai kesuksesan bisnis. People analytics yang juga dikenal sebagai HR analytics kini sudah digunakan lebih dari 70% organisasi dan perusahaan untuk mengintegrasikan data ke dalam pengambilan keputusan.

Setiap perusahaan pasti menyimpan banyak data, termasuk data SDM atau karyawan dan biasanya data karyawan jarang sekali digunakan. Padahal kumpulan data tersebut juga dapat dianalisis dan menghasilkan suatu informasi. Dengan menggunakan people analytics, HR dapat memprediksi seberapa besar tingkat turnover yang akan terjadi di masa depan. Turnover atau pergantian karyawan dapat menyebabkan penurunan produktivitas dan memakan biaya rekrutmen, maka dari itu, penggunaan data yang baik bisa meminimalisir turnover rate.

Tak hanya menekan turnover rate, people analytics juga dapat membantu proses rekrutmen agar lebih mudah. Nantinya akan dilakukan analisis perbandingan antara data pelamar dengan hasil kinerja karyawan yang sudah bekerja pada kurun waktu tertentu. Analisis ini bertujuan untuk memprediksi pelamar yang sesuai dengan standar kompetensi perusahaan, memiliki peluang perkembangan karir yang bagus, serta cepat beradaptasi dengan budaya perusahaan.

Perkembangan people analytics juga dibantu dengan perkembangan software yang dapat mengolah data, seperti contoh yaitu Bagidata. Bagidata melihat banyaknya benefit dari big data yang dapat digunakan untuk memberikan kemudahan dalam departemen HR, sehingga nantinya departemen HR dapat lebih data driven dalam pengambilan keputusan. Penasaran dengan Bagidata? Yuk, check artikelnya!

Leave a Comment

Your email address will not be published.