Tips Ampuh dalam Meningkatkan Performansi Bisnis

Halo Sobat Inovator! Kalian pasti sudah tahu dong kalau dalam menjalani sebuah bisnis diperlukan strategi yang bagus. Ya jelas, karena dengan performansi bisnis yang baik dapat menjaga alur pendapatan dan menghindari kerugian. Nah, dalam membangun performansi bisnis yang baik itu memerlukan sebuah perencanaan matang. Bagaimana sih caranya? Yup betul, dengan menggunakan analisis terhadap segala hal yang berkaitan dengan bisnis kamu.

Cara Meningkatkan Performansi Bisnis

Berikut ini merupakan beberapa cara dalam meningkatkan performansi bisnis kamu, antara lain:

  • Menjaga kepuasan konsumen

Mencari konsumen baru, jauh lebih sulit daripada mempertahankan pelanggan yang telah ada. Oleh karena itu, kalian perlu menjaga loyalitas konsumen. Nah, caranya bisa dengan memberikan apresiasi kepada konsumen itu sendiri. Misalnya, memberikan kupon undian dan voucher diskon.

  • Menggunakan upselling dan cross selling

Menawarkan produk lain ketika konsumen sedang bertransaksi merupakan hal baik lho. Misalnya, jika berjualan celana, kalian juga bisa menawarkan ikat pinggang kepada konsumen.

  • Memberikan insentif karyawan

Menggunakan cara ini, pastinya para karyawan akan terus meningkatkan performanya lho. Misalnya, kalian bisa memberikan bonus uang, barang, atau voucher liburan.

  • Memperluas segmentasi pasar

Menawarkan produk atau jasa kalian ke segmentasi pasar yang belum pernah dijamah akan bagus untuk bisnismu. Misalnya, membuka toko cabang baru atau dropshipper.

  • Mengembangkan metode promosi

Mencoba aktivitas marketing dari berbagai media sangat baik untuk meningkatkan eksistensi bisnis kalian. Misalnya, social media organic, search engine optimization, atau email marketing.

Cara Mengukur Performansi Bisnis

Selanjutnya, hal yang enggak kalah penting lagi yaitu mengukur performansi bisnis. Cara gampangnya bisa dengan membandingkan performa bisnis kalian dengan kompetitor. Nah, cara tersebut pastinya perlu menggunakan media yang terpercaya agar tidak salah dalam menganalisis loh Sobat Inovator! Berikut ini cara mengukur performansi bisnis kalian, yaitu:

  1. Mengetahui kepuasan konsumen

Mencari tahu feedback konsumen atas produk yang mereka pakai atau konsumsi. Caranya bisa dengan meminta testimoni dari konsumen yang telah menggunakan produk kalian. 

  1. Mempertimbangkan trafik website

Menjangkau konsumen dengan menghadirkan produk dalam situs daring. Kalian dapat memanfaatkan software analisis dari Google untuk menganalisis keinginan konsumen yang mengunjungi produk kalian di situs daring.

  1. Menggunakan business dashboard

Menggunakan tools tertentu dapat membantu kalian dalam mengukur performansi bisnis secara akurat melalui berbagai data.

Nah, itu lah berbagai cara ampuh untuk meningkatkan performansi bisnis Sobat Inovator. Selalu semangat dalam menyebarkan inovasi kepada masyarakat luas ya!

Referensi

Sleekr. (2018, May 7). 5 Cara Mudah Mengukur Performa Bisnis dengan Akurat. Retrieved June 16, 2022, from Sleekr.co: https://sleekr.co/blog/5-cara-mudah-mengukur-performa-bisnis-dengan-akurat/

Zakawali, G. (2022, March 19). 5 Cara Meningkatkan Peforma Bisnis agar Makin Untung. Retrieved June 16, 2022, from Store.sirclo.com: https://store.sirclo.com/blog/performa/

Leave a Comment

Your email address will not be published.