Telkom Bangun Kedaulatan Data Level Pemerintah dari Hulu Ke Hilir dengan Inovasinya Bigbox

Ditengah situasi COVID-19, telah dilakukan acara launching Satu Data Semarang, yang merupakan kerjasama antara Pemkot Semarang dengan PT Telkom Indonesia. BigBox berkolaborasi dengan segmen DWS dan DGS TR4 untuk mengintegrasikan 20 OPD yang ada dibawah Pemerintah Kota Semarang.

Tahap pertama satu data ini, dilakukan integrasi data dari OPD yang ditampilkan dalam dashboard deskriptif http://semarsatata.semarangkota.go.id/, yang terintegrasi juga dengan layanan social media analytics BigSocial.

Tahap kedua, akan lebih menggali usecase dan potensi insight mendalam dari data tersebut yang akan running di tahun 2021. Selain itu, dengan insiasi tersebut, kami juga berhasil mendapatkan 4 leads yang memiliki kebutuhan yang sama, yaitu Kota Pekalongan, Kota Tegal, Kab. Brebes, dan Kab. Banyumas.

Acara ini juga turut dihadiri oleh Bpk. Komang Budi Aryasa, selaku DEVP Digital Platform & Enabler PT. Telkom Indonesia, sebagai narasumber tentang Big Data Implementation Case, dari penggunaan hingga manfaat yang diperoleh.

Hal ini menjadi milestone penting bagi BigBox untuk mendukung penuh Perpres No 39 tentang Satu Data Indonesia, dalam rangka membangun kedaulatan data di level pemerintahan dari hulu ke hilir.

Ayo, Dukung terus perjuangan kami untuk membangun kedaulatan teknologi, data dan informasi di Indonesia. Yang ingin berjuang bersama, kami membuka pintu selebar-lebarnya.