Network Element Aman Terpantau Berkat OPNIMUS

Halo Sahabat Inovator! Mungkin saat membaca judul di atas, ada beberapa yang bertanya-tanya, OPNIMUS tuh apa sih? Kaya yang di Transformer ya? Eits, bukan yaa. Tapi OPNIMUS ini ada miripnya kok dengan Optimus Prime, karena sama-sama ingin menjaga masyarakat dari bencana.

OPNIMUS lahir dari kepedulian Kak Valliant dan teman-temannya melihat sulitnya memonitoring infrastruktur secara cepat dan mudah dalam lingkup Telkom Group. Hal ini berdampak pada terjadinya bencana yang mengakibatkan rusaknya network elemen dan lumpuhnya layanan telekomunikasi. Tim OPNIMUS ingin membantu personil infrastruktur Telkom Group dalam melakukan pengawalan perangkat network yang lebih baik lagi.

Sesuai namanya, OPNIMUS (Operational Network Infra Monitoring & Surveillance System) adalah sebuah sistem monitoring kondisi kesehatan network element secara realtime dan sistem early warning terhadap potensi gangguan perangkat sehingga penggunaan logo robot menjadi pilihan representatif dari OPNIMUS. Platform yang digunakan OPNIMUS adalah Chatbot Telegram & Web Apps (Mobile & Destkop).

Digagas pada tahun 2020, OPNIMUS tentu tidak mengalami perjalan yang mulus, sebelum berdiri di skala nasional seperti ini, banyak challenge yang harus diselesaikan oleh tim OPNIMUS seperti pemenuhan target user, cost saving, target penurunan alarm Q3 di tahun 2020 dan implementasi di Telkom Regional 6 & 7.

Tentunya implementasi ini tidak mudah, mengingat luasnya regional 6 & 7, namun hal yang sulit bukan berarti tidak mungkin. Kak Valliant bersama tim OPNIMUS bekerja benar-benar maksimal agar dapat mewujudkan layanan yang reliable ke pelanggan 24/7, kerja keras ini berbuah manis tentunya karena tim OPNIMUS membuktikan bahwa mereka mampu hingga dapat berdiri di skala nasional seperti saat ini.

Walau banyak target yang telah dipenuhi OPNIMUS, namun Kak Valliant bersama timnya tidak pernah puas dan merasa selalu ada ruang untuk improvisasi. Memiliki peluang besar untuk berkembang, OPNIMUS saat ini fokus untuk memaksimalkan operasional Telkom Group untuk pengelolaan infrastruktur namun tidak menutup kemungkinan untuk go to market karena tim OPNIMUS sedang mencari model bisnis yang sesuai.

Fitur yang menjadi andalan oleh OPNIMUS adalah critical alerting, real time physical monitoring dan realtime alerting. Keunggulan dari fitur-fitur ini yaitu seluruh report akan otomatis di-broadcast melalui bot Telegram, sehingga sangat mudah untuk mendapatkan informasi terkait keadaan infrastruktur.

Nah Sahabat Inovator, itu dia informasi sekilas tentang OPNIMUS yang berawal dari kantor di Makassar hingga kini bisa masuk ke dalam skala nasional. Keren banget kan? Pastinya dong! Terus dukung OPNIMUS untuk memberikan inovasi terbaiknya ya Sahabat!

Leave a Comment

Your email address will not be published.