Kenapa Skill Inovatif Diperlukan? Yuk Cari Tahu Jawabannya!

Halo Sobat Inovator! Apa kalian sudah berkontribusi menciptakan inovasi buat lingkungan? Kalau belum kalian perlu segera bergegas untuk memulainya lho! Nah hal yang bersifat memperkenalkan sesuatu yang baru, bersifat pembaruan (kreasi baru) itu dinamakan inovatif. Dengan mempunyai skill inovatif, kalian dapat berkontribusi secara luas terhadap lingkungan sekitar, khususnya di tempat kerja.

Skill inovatif merupakan pengetahuan atau kemampuan yang dapat digunakan untuk menciptakan dan beradaptasi dengan perubahan baru. Dengan menjadi sosok inovatif artinya kalian perlu membayangkan suatu permasalahan dari berbagai pandangan. Lebih dari itu, kalian perlu berpikir kritis untuk dapat memecahkan suatu permasalahan yang dihadapi lho!

Nah, sekarang kalian sudah tahu apa itu skill inovatif. Selanjutnya, kalian juga perlu memahami tentang beragam jenisnya! Apa saja sih? Berikut ini jenis-jenis skill inovatif!

Jenis-jenis Skill Inovatif

  • Imagination

Dengan berimajinasi, kalian dapat memprediksi hasil dari ide-ide yang akan dibuat nantinya. Kalian juga dapat membayangkan cara-cara terbaik dalam menyelesaikan suatu permasalahan.

  • Design

Dengan skill design, kalian diharuskan menentukan spesifikasi yang realistis untuk mengimplementasikan sebuah rencana. Hal ini memudahkan kalian dalam membuat rancangan ide yang telah dibuat menjadi kenyataan.

  • Critical Thinking

Dengan berpikir kritis, kalian dapat menganalisis dan mengidentifikasi sebuah situasi yang memerlukan perbaikan.

  • Entrepreneurship

Dengan skill entrepreneurship, kalian akan mampu menemukan berbagai peluang bisnis. Lebih dari itu, kalian juga dapat menciptakan ide-ide yang bernilai buat lingkungan sekitar.

Nah, kenapa sih kalian perlu tahu hal-hal seputar skill inovatif? Karena, menurut survey McKinsey, 84% eksekutif dan dewan direksi di seluruh dunia beranggapan bahwa inovasi merupakan skill yang dapat membawa kesuksesan bagi perusahaan. Dengan memiliki skill inovatif, terus apa sih keuntungannya buat diri kalian sendiri! Nah ini dia manfaatnya!

Manfaat Skill Inovatif

  • Meningkatkan produktivitas kerja
  • Melakukan proses adaptasi dengan cepat
  • Meningkatkan skill problem solving
  • Meningkatkan kualitas kerja

Wah ternyata banyak juga manfaat yang akan kalian dapatkan ketika memiliki skill inovatif, baik bagi diri sendiri maupun lingkungan sekitar. Tunggu apalagi? Yuk mulai berinovasi dari sekarang Sobat Inovator!

Referensi

Oliver, A. (2022, February 2). Inovatif: Arti, Jenis-jenis, Cara Meningkatkan Skill, dan Manfaatnya. Retrieved May 30, 2022, from Glints: https://glints.com/id/lowongan/inovatif-di-tempat-kerja/#.YpXMBFRBzIU

Leave a Comment

Your email address will not be published.