Intip Hasil Kegiatan Sidang Komite AfAM BUMN 2021

Program Digital Amoeba (PDA) berkontribusi dalam percepatan pengembangan digital talent dan digital business. Salah satu Program Digital Amoeba yaitu Amoeba for Account Management (AFAM), adalah program untuk mentransformasi AM Telkom dari AM Sales menjadi AM Advocate untuk membantu corporate customer melakukan digital transformation agar lebih siap bersaing di era digital.

Untuk AFAM Batch #3 kali ini program AFAM diarahkan untuk mendukung Program ITDRI, dimana Telkom sendiri ditunjuk menjadi koordinator ITDRI untuk pengembangan tech hub & digital talent. Para peserta AFAM selanjutnya melakukan validasi dan menggali pain problem dari customer di 12 klaster BUMN selama 3 bulan (6 sprint) untuk kemudian merumuskan solusi bersama (join innovation) agar dapat menyelesaikan problem dari customer itu sendiri.

Setelah hands on project, pada 15 Desember 2021 dilakukan Sidang Komite yaitu penentuan handover oleh Komite berdasarkan penilaian dari aspek talent maupun bisnis. Sidang Komite AfAM BUMN dibuka dengan fire briefing dari Ketua Komite Pak Ambar Kuspardianto selaku CHCO CFU Enterprise. Setelah itu, ada penjelasan terkait roadmap AfAM dari Bapak Muhammad Subhan Iswayudi selaku Koordinator Golir.

Semua Tim AFAM selanjutnya melakukan sesi pitching progress & achievement-nya selama 5 menit yang dilanjutkan dengan sesi tanya jawab bersama Komite selama 7 menit. Urutan pitching kali ini yaitu Tim AFAM klaster Industri Mineral dan Energi (Pertamina), Tim AFAM klaster Industri Mineral dan Batubara (Peruri), Tim AFAM Klaster Industri Perkebenuann dan Kehutanan (Perhutani), Tim AFAM Klaster Industri Pangan dan Pupuk (Pupuk Sriwijaya), Pitching Tim AFAM Klaster Industri Kesehatan (Biofarma), Pitching Tim AFAM Klaster Industri Manufaktur (Pindad), Pitching Tim AFAM Klaster Jasa Keuangan (PNM), Pitching Tim AFAM Klaster Jasa Asuransi dan Dana Pensiun (ASABRI), Pitching Tim AFAM Klaster Mineral dan Batubara (PLN), Pitching Tim AFAM Klaster Jasa Infrastruktur (Perumnas), dan Pitching Tim AFAM Klaster Jasa Logistik (Pos Indonesia).

Setelah sesi pitching selesai para komite memberikan penilaian pada form yang sudah disediakan dengan perspektif masing-masing, dengan 2 kategori penilaian antara lain, kategori bisnis yang terdiri dari, solusi yang ditawarkan yang dapat menyelesaikan problem customer, bisnis yang dikembangkan bersama customer bisa memiliki impact, dan pembuatan solusi customer bisa mengedepankan kolaborasi dan orkestrasi terhadap solusi-solusi yang ada di Telkom Group. Penilaian kedua dari kategori talent yang teridiri dari Tim AM memiliki kemampuan memetakan problem dan potensi bisnis customer, Tim AM bisa mendapatkan kepercayaan customer untuk mendukung bisnisnya, dan Tim AM bisa memiliki kemampuan problem solving yang baik.

Di akhir sesi, para Komite melaksanakan Rapat Pleno untuk memberikan keputusan handover mengacu pada hasil penilaian yang sudah dilakukan. Berdasarkan hasil dari penilaian komite, untuk aspek pengembangan talent, tim yang telah didevelop antara lain, 2 Tim, masuk dalam klaster Agile AM, 3 Tim masuk dalam klaster Partnership AM, dan 6 Tim masuk dalam klaster Mid AM. Sedangkan, untuk aspek pengembangan bisnis terdapat 2 Tim antara lain dikembangkan dalam lingkup ITDRI, 3 tim berikutnya dikembangkan dengan support Tribe SMB dan 6 tim berikutnya dikembangkan dalam lingkup DES, dan dikembangkan dengan support Tribe ENT. Terdapat 1 Tim yang tidak hadir sehingga tidak dapat dilakukan penilaian oleh Komite saat Sidang Komite AFAM.

Nah sobat Inovator, itulah hasil dari kegiatan sidang komite AFAM BUMN 2021. Pantengin terus update kegiatan dari Digital Amoeba, dengan cara turn on notification websitekita di digitalamoeba.id.

Semoga Bermanfaat, Salam Inovasi !!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *