Dicari Ide Segar dari Karyawan Telkom, Ikuti HACK Idea #6

Dicari Ide Segar dari Karyawan Telkom, Ikuti HACK Idea #6

Hack Idea yang digagas Digital Amoeba Telkom kembali digelar tahun ini. Karyawan Telkom yang memiliki ide segar bisa tersalurkan dalam Hack Idea, yang konsepnya mirip dengan Hackathon.

Era digital membuat perusahaan harus semakin kompetitif sehingga dibutuhkan ide-ide segar karyawan agar tercipta layanan dan produk yang lebih baik untuk masyarakat. Inilah yang mendasari Telkom untuk menggali lebih dalam ide bisnis baru dari dalam perusahaan melalui program Digital Amoeba bernama Hack Idea.

Tahun ini merupakan ajang Hack Idea ke-6 setelah diluncurkan pertama kali pada 2018 lalu. Kali ini tema yang diusung adalah ‘Bagaimana mengimprove dan menciptakan produk Telkom sebagai New Revenue Generator di mada depan?’.

“Melalui HACK Idea, kamu bakalan ngebuka ruang kolaborasi yang lebih luas. Selain itu HACK Idea tidak hanya sebagai ajang perlombaan untuk mengembangkan inovasi baru di Telkom Group tetapi juga memberi wawasan baru tentang apa itu Design Thinking, Lean Canvas, Golden Circle dan banyak lagi (pelajari materi ini pada Talent Booster) dan tahu gimana caranya mengubah ide kamu menjadi solusi. Dan kalau ide kamu terpilih sebagai yang terbaik maka inovasi itu bakalan menjadi produk/solusi yang memberi revenue baru bagi Telkom Group,” ujar pihak Digital Amoeba, kepada Uzone.id, Jumat, 28 Agustus 2020.

Ada 3 kategori yang akan dikompetisikan. Pertama adalah HackIdea, yakni strengthening ecosystem, sloving local problem, dan adopting new technologies. Sedangkan untuk kategori Platform ada Digital Platform – Data Analytics dan IoT. Kategori terakhir adalah Inovasi yang terdiri dari Digitisasi seperti New Product Services, New Business Model. Kemudian Digitalisasi seperti Improve Business Problem, Customer Experience, dan Employee Experience.

Setidaknya nanti ada 6 penilaian yang akan menjadi pertimbangan juri nantinya. Pertama, ide harus berasal dari permasalahan yang kemudian mendapatkan implementasi yang solutif. Selain itu, dipertimbangkan prediksi pasarnya, kira-kira berapa total pengguna yang tertarik dengan produk/jasa tersebut. Ada juga penilaian dari keunikan dan keunggulan yang ditawarkan, selain penilaian kapabilitas founder juga prototype yang ditunjukkan.

Syarat untuk mengikuti Hack Idea ini cukup gampang. Para pendaftar harus terdaftar sebagai karyawan Telkom Group. Tim juga harus terdiri dari 3 orang, memiliki ide yang solutif dan mudah diimplementasikan, dan beberapa persyaratan lainnya.

Tahun ini, ada yang baru dari Hack Idea. Amoeba telah menyiapkan Ideabox, yakni aplikasi berbasis web yang berfungsi sebagai digital touch point dalam pengumpulan ide inovasi yang dapat memudahkan seluruh karyawan Telkom dalam berkolaborasi untuk membantu melaksanakan strategi Telkom Group.

Pendaftaran Ditunggu sampai 31 Agustus 2020.