Discovery PDA’s Treasure

PDA yang telah berkembang dari tahun 2017 sampai 2022 ini menjadikan Digital amoeba memiliki harta karun berupa data yang begitu banyak. Harta karun data yang berupa inovasi dan talenta digital tersebut dimanfaatkan untuk perancangan visualisasi interaktif yang dapat menghasilkan insight baru. Sehingga, dapat mengetahui progress inovasi karyawan telkom yang berjalan di Program Digital Amoeba dan beberapa insight lainnya. Penasaran dengan progress inovasi karyawan telkom? Kuy, telurusi Harta Karun Program Digital Amoeba!
Click me to see the glossary data!

1. Team Structure
Team Structure terbagi menjadi 3 bagian, yaitu Hipster, Hacker, dan Hustler.
Hacker / CTO adalah talent yang bertanggungjawab dalam pengembangan produk inovasi.
Hipster / CMO adalah talent yang bertanggungjawab dalam mengenali customer & pengembangan market.
Hustler / CEO adalah talent yang bertanggungjawab dalam pengembangan bisnis dari inovasi.
2. Type innovation terbagi menjadi 2 bagian, yaitu Digitization dan Digitalization.
Digitization adalah Tipe inovasi yang dapat menjadi portofolio yang digunakan di internal Telkom.
Digitalization adalah Tipe inovasi yang dapat menjadi portofolio yang bisa dijual keluar
3. Failure Rate merupakan tingkat kegagalan dari proses penyeleksian ide
4. Phase Innovation merupakan fase-fase yang dilewati saat masa inkubasi.
5. Innovator Journey merupakan merupakan perjalanan yang harus dilewati oleh tim inovator dalam mengembangkan inovasinya.
Selection merupakan proses seleksi ide yang telah disubmit oleh calon inovator di Telkom Group.
Develop merupakan proses people development kepada calon inovator yang bertujuan untuk mempersiapkan tim dalam mengembangkan inovasi.
Incubate merupakan proses validasi tahap problem-solution fit, yang dibagi menjadi customer validation (kevalidan problem yang dihipotesiskan) dan product validation (kevalidan solusi yang dibuat dapat menyelesaikan problem yang dialami customer dan keinginan customer menggunakan solusi tersebut)
Accelerate merupakan proses validasi dalam tahap product-market fit, yang dibagi menjadi Business Model Validation (Maukah customer yang menggunakan solusi tersebut membayar?) dan Market Validation (apakah solusi tersebut secara bisnis dapat ditingkatkan secara massive penggunaanya?)
Graduate merupakan proses handover inovasi kepada destinasi graduasi untuk menjadi flagship serta dikembangkan dan dikelola secara penuh oleh destinasi graduasi.