Bigbox, Solusi untuk Kompleksitas Data Perusahaan di Era Society 5.0

Society 5.0 mengubah cara pandang manusia terhadap valuasi suatu bisnis. Analisis bisnis di era digital semakin berkembang secara signifikan, termasuk pemanfaatan big data yang mengikuti perkembangan society 5.0, dimana konsep dari Society 5.0 adalah teknologi big data, terbentuk dari sensor kemudian terhubung melalui Internet of Things (IoT) dan dianalisis menggunakan artificial intelligence untuk bisa dimanfaatkan masyarakat. Perkembangan inovasi dan teknologi digital ke depan akan semakin pesat, sehingga data akan menjadi pilar dan semakin intens dikelola serta memberikan tantangan tersendiri bagi industri dimana data kian tersebar, tidak terintegrasi, tidak ada standardisasi dan kesulitan interoperabilitas data.

Untuk menjawab tantangan dan hambatan terkait pengelolaan data di Indonesia, BigBox hadir sebagai solusi menjawab semua tantangan diberbagai industri terkait pengelolaan data. BigBox sendiri pada dasarnya adalah platform big data yang bersifat end-to-end solution. BigBox juga merupakan bagian dari Digital Amoeba sebagai model inkubasi startup internal Telkom. Produk horizontal platform BigBox terdiri dari 8 modul yaitu BigLake, BigSpider, BigAction, BigSearch, BigQuery, BigBuilder, BigFlow, dan BigEnvelope. Secara umum, layanan tersebut memiliki fitur seperti data integration, data lake, workflow management, search engine, data exploration and insight, realtime dashboard, API factory, dan crawling engine.

“Kita membentuk sebuat platform yang bisa membuat suatu perusahaan itu mandiri dalam pengolahan data mereka, karena itulah yang menjadi urgensi. Artinya saat ini data semakin besar, apalagi perusahaan-perusahaan besar itu pasti mereka berkegantungan dengan pengolahan datanya”, tutur Budi Agus Setiawan selaku CMO BigBox.

Selain itu, BigBox juga memiliki vertical platform, yaitu social media analytic platform (BigSocial), e- commerce analytic platform (BigCommerce) dan one data management platform (BigOne). Khusus untuk BigOne, akan diusung oleh Telkom untuk menjadi platform Satu Data Indonesia, secara nasional.

BigBox diyakini mampu memenuhi semua hal yang tercantum dalam kebutuhan Satu Data Indonesia. Mulai dari lingkungan data yang terintegrasi dan mudah diakses. Kemudian pengolahan data, analitik yang akurat dan dipertanggung jawabkan. Sampai menghasilkan insight untuk pengambilan keputusan serta API (Application Programming Interface) marketplace yang memudahkan data dibagi-pakaikan.

Meski baru diluncurkan, sepanjang perjalanan pengembangan BigBox pun telah teruji di berbagai use case implementasi big data. Beberapa di antaranya, seperti proyek yang mengintegrasikan 5.518 sumber data SPBU. Bahkan telah mengantarkan BigBox meraih penghargaan nasional dan internasional. Mulai dari ASEAN Federation of Engineering Organizations (AFEO), Data Impact Awards, APAC CIO Outlook hingga sebagai penerima penghargaan di ajang BUMN Millennial Innovation Summit 2020.

Saat ini, BigBox sudah dipercaya untuk mengelola data Institusi maupun perusahaan di Indonesia seperti Telkom Indonesia, Telkom Corporate University, Digital Amoeba, Pertamina, Bank BRI, Pegadaian, Kimia Farma, Kereta Api Indonesia, Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, Kementrian Pertanian Republik Indonesia, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Universitas Gajah Mada, Telkom University, Jasa Marga, Rumah Zakat, Jw Marriott, Pemerintahan Kota Semarang, Positive Management Consulting, Commonwealth.

BigBox juga dipercaya memberikan insight yang powerful kepada institusi maupun perusahaan di Indonesia. Pelaksanaan ITDRI Festival 2021 juga menjadi momen special, dimana telah dilakukan prosesi Grand launching untuk BigBox oleh Deputy SDM TI KBUMN, Tedi Baratha pada 24 November 2021 dan Big Box merupakan salah satu inovasi unggulan yang berhasil melawati berbagai tahapan innovation journey dan product assessment.

Perusahaan atau instansi kalian ingin mengambil keputusan yang cepat, tepat, dan ingin mempunyai benefit berupa penglolahan data lebih efisien? Kini BigBox hadir dan siap membantu persoalan kalian.

Nah sobat innovator untuk mengetahui informasi lebih lengkap mengenai layanan yang dihadirkan BigBox dan ingin langsung bekerjasama kalian bisa langsung mengunjungi Websitenya ditautan berikut ini bigbox.co.id.

Semoga Bermanfaat, Salam Inovasi!!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *