Are You The Next Founder?

Halo Sahabat Inovator! Dalam konteks manajemen inovasi, Amoeba Management (AMA) merupakan bagian dari Amoeba Digital Program yang berperan penting sebagai media yang menjembatani semua aspek terkait dengan Telkom. Program Digital Amoeba memiliki 5 program tata kelola yang mencakup semua pekerjaan yang dilakukan untuk mendukung inovasi, termasuk Tata Kelola Inovasi, Tata Kelola Bisnis, Tata Kelola Keuangan & Logistik, Tata Kelola Hukum, dan Tata Kelola Sumber Daya Manusia.

Saat ini, manajemen inovasi tidak hanya dilakukan di wilayah pusat Telkom yaitu Jakarta, tetapi juga telah menyebar ke seluruh wilayah Indonesia dengan dukungan manajemen dari Amoeba Management di wilayah tersebut. Salah satu program intake ideation dari PDA adalah Finding Founder (FiFo), yaitu jalur aspirasi top-down yang diberikan oleh pimpinan Telkom untuk dikembangkan oleh tim penugasan yang dikirim atau mencari talenta melalui rekrutmen terbuka.

Finding Founder bertujuan untuk menemukan pengelola produk dari karyawan Telkom secara passionate, sehingga ide tersebut bersifat ownership. Adapun 3 aspek yang dicari adalah husler, hipster, hacker. Wah, sama seperti segitiga startup ya guys? Adapun beberapa produk yang berhasil dihasilkan oleh FiFo adalah Chat Aja, Worki dan lain-lain.

Pelaksanaan Finding Founder juga tidak laksanakan secara reguler, karena pelaksanaannya hanya berdasarkan kebutuhan saja. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, dasarnya finding founder adalah passion basedsehingga pesertanya memang capable dan memiliki passion untuk mengembangkan ide. Peserta finding founder berasal dari berbagai unit sehingga awalnya banyak yang belum kenal dan terjadi cross function.

Kak M. Farizko Nurditama, atau yang disapa dengan Kak Koko, selaku COO Digital Amoeba menaruh harapannya pada Finding Founder dengan adaya trial dan batch khusus untuk finding founder, secara operasional bisa menarik tantangan dari karyawan Telkom Group dan mengakomodir untuk karyawan yang ingin berkontribusi. Kalau Sahabat Inovator, tertarik menjadi founder selanjutnya?

Leave a Comment

Your email address will not be published.