5 Tips Ampuh Biar Lolos Magang di Perusahaan Impianmu

Halo Sahabat Inovator! Siapa nih yang sibuk apply magang kesana kemari tapi belum keterima juga? Wah, bisa jadi bahan evaluasi tuh. Kalau menurut Kamu kenapa sih orang-orang bisa keterima magang di startup unicorn, FMCG favorit atau BUMN terbaik. Orang dalam? No no no! Jangan pesimis gitu dong, pasti ada poin plus yang mereka tonjolkan baik di CV maupun interview. Berikut ini tips yang bisa Kamu lakukan biar keterima magang di dream company-mu:

  1. Penuhi Persyaratan yang Diminta

Tiap internship vacancies yang dibuka pasti memiliki persyaratan bagi para pelamarnya, persyaratan ini dapat berupa soft skill, hard skill, IPK, jurusan ataupun pengalaman kerja. “Duh, aku belum ada pengalaman kerja nih?”. Tenang aja, jangan langsung down! Sebagai gantinya Kamu bisa membuat pengalaman organisasi, kepanitiaan, ataupun project lain yang pernah diikuti.

  1. Persiapkan Berkas

Di saat pandemi seperti ini, biasanya berkas yang diminta akan berbentuk file. CV, portofolio, cover letter dan berkas-berkas lainnya sebaiknya Kamu satukan dalam satu file pdf sehingga HRD akan mudah membaca berkas Kamu. Selain itu, gunakan CV yang ATS friendly dan pastikan pengalaman yang Kamu punya diurutkan mulai dari yang terbaru. Apabila lamarannya dikirimkan lewat email, gunakan alamat email yang benar. Jangan menggunakan alamat email yang tidak professional karena akan meninggalkan kesan negatif. Selain itu, pastikan subject dan isi dari email sudah benar dan jelas, hindari mengirimkan email yang kosong tanpa subject dan body email.

  1. Manfaatkan Semua Sumber yang Ada

Sekarang ini sudah banyak sekali website yang membantu persiapan masuk dunia kerja, ada yang menyediakan template CV, membagikan informasi seputar lowongan magang, program mentorship, bootcamp dan lain sebagainya. Kamu dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk memperbaiki CV, networking dengan para mentor yang sudah ahli di bidangnya dan juga mengasah skill sesuai dengan role yang akan di-apply.

  1. Kenal Orang Dalam

Lho lho lho? Kok mendadak bahas orang dalam? Katanya tadi jangan pesimis dengan pakai orang dalam. Eitss, orang dalam di sini bukan dalam artian negatif ya. Coba deh Kamu kenalan dengan orang-orang yang bekerja di perusahaan impianmu sesuai dengan posisi yang Kamu lamar. Contoh nih, misalkan Kamu mendaftar sebagai Graphic Designer Intern di perusahaan A, Kamu bisa contact Senior Graphic Designer yang ada di perusahaan itu. Tapi bukan minta supaya diterima ya! Kamu bisa menanyakan seputar proses seleksi, bagaimana working culture dan value yang diterapkan perusahaan atau juga bertanya tentang pengalaman beliau selama bekerja di posisi ini. Pastinya bakal insightful dan membantu banget buat persiapanmu nanti!

  1. Rock Your Interview

Sudah berhasil melewati seleksi administrasi dan seleksi tulis lainnya? Selamat! Sekarang saatnya mempersiapkan diri untuk interview. Sebelum interview, latih diri dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan umum seputar perusahaan ataupun job description dari role yang dilamar. Make sure, semua yang Kamu buat di CV dapat dipertanggungjawabkan dan jangan dilebih-lebihkan karena HRD ingin melihat kejujuran dan ketulusan Kamu.

Itu dia tips yang bisa Kamu lakukan agar dapat diterima oleh perusahaan, buat Sahabat Inovator yang mau magang di Telkom dan kepo banget sama informasi magangnya, skuy visit ke Level Up! Dijamin deh, pertanyaan seputar magang dan praktik kerja lapangan terjawab semua di Level Up. Good luck guys!

Leave a Comment

Your email address will not be published.