5 Ide Side Hustle Buat Nambahin Income Kamu

Halo Sahabat Innovator! Kita semua pasti punya target finansial masing-masing bukan? Ada yang pengen punya rumah aesthetic, atau mobil yang bisa auto pilot, atau bahkan pengen pensiun dini supaya bisa santai di rumah bareng anabul-anabulnya. Asik banget ya ngebayangin semua mimpi ini. Oke, kembali ke realita, uangnya dari mana? 

Mungkin ada yang bingung karena gajinya belum mumpuni untuk ngewujudin hal-hal tersebut. Tapi inget, setiap ada keinginan, pasti ada jalan! Maka dari itu, buat Sahabat Innovator yang pengen nambahin income, berikut ini ada beberapa ide side hustle yang bisa dilakukan supaya bisa one step closer to your goal

  1. Freelancer

Sahabat Innovator yang hobi menulis atau suka banget ngedesain, boleh banget nih jadi freelancer. Untuk permulaannya, Kamu fokus dulu untuk membuat portofolio dan personal branding, sehingga calon klien bisa lebih percaya sama jasa yang ditawarkan. Setelah itu, baru deh Kamu patok harga yang sesuai dengan tingkat kesulitan dan kebutuhan klien akan jasa Kamu. Situs freelancer seperti Upwork, Fiverr, Sribulancer bakal ngebantu Kamu untuk ngedapetin klien, mulai dari dalam negeri sampai ke luar negeri! 

  1. Content Creator

Mulai dari food blogger, review gadget, sampai beauty vlogger semua ide kreatif yang Kamu punya bisa Kamu bagikan ke sosial media dengan menjadi seorang content creator. Kalau konten yang diciptakan menarik dan punya engagement yang baik bakal ngebuka kesempatan buat dapetin endorse ataupun adsense, lumayan banget kan buat nambah income

  1. Home-baked

Brownies, cookies, pokoknya hobi banget baking semua yang manis manis! Nah, bisa jadi pertimbangan nih buat bisnis untuk menjual makanan buatanmu. Ga perlu langsung buka offline store kok, Kamu bisa mulai dengan sistem pre-order, jadi buat pelanggan yang berminat bisa memesan terlebih dahulu. Jangan lupa untuk minta kritik dan saran ke pelanggan agar produk yang dijual bisa semakin berkembang. Pst, tambahin bonus juga untuk setiap nominal pembelian tertentu, semua suka makanan gratis kan? 

  1. Jasa Titip

Raindrop, drop top, all we ever do is shop. Buat yang seneng banget shopping dan sanggup keliling mal sampai berjam-jam lamanya, mungkin membuka jasa titip bisa jadi pilihan yang cocok untuk Kamu. Dengan menentukan tarif yang sesuai dengan target pasar, cuan dapet, senangnya juga dapet karena hasrat shopping terpenuhi! 

  1. Tutor Privat

Mengajar adalah passionku! Punya pelajaran yang favorit banget dari dulu? Atau seneng bantuin ngerjain soal? Cocok banget deh untuk jadi tutor! Kamu bisa nentuin mau ngajar anak SD, SMP atau SMA sesuai dengan minat dan bakat yang Kamu punya. Ga cuma ngebantu murid bimbingan supaya makin paham dengan materi, Kamu juga bisa dapet relasi sesama tutor.


Gimana Sahabat Innovator? Tertarik untuk memilih salah satu ide yang ada di atas? Atau Kamu punya ide lain untuk jadi side hustle? Oh iya, income yang didapatkan dari side hustle kalau bisa jangan hanya ditabung. Kamu bisa mencoba untuk menginvestasikan uang Kamu ke instrumen investasi yang aman dan terpercaya sehingga uangnya bisa terus bertambah. Selamat mencoba!

Leave a Comment

Your email address will not be published.