Mau WFO Tetap Aman dari Covid19, Ini Tipsnya

Bagi kamu yang terpaksa bepergian dengan kendaraan pribadi seperti sepeda motor. Dikutip dari beberapa seumber ini dia tips aman berkendara agar terhindar dari paparan virus corona. 

1. Selalu menggunakan masker

Penggunaan masker tidak hanya digunakan saat anda berada di tempat umum saja tetapi pengguna masker juga dapat meminimalisir penyebaran virus corona saat berkendara contohnya saat membawa sepeda motor, karena diketahui virus ini pun bisa bertahan hidup di udara dengan suhu tertentu.

Penggunaan masker juga berguna untuk menghalangi debu masuk ke saluran pernapasan kalian secara langsung. Sebaiknya, gunakan masker medis yang memiliki tiga lapisan untuk menahan virus, kalaupun tidak ada masker kain pun bisa digunakan asalkan bagian saluran pernapasan bisa tertutup.

2. Gunakan helm berstandar SNI

Selain untuk keselamatan, helm berstandar SNI ini melindungi bagian kepala dan dilengkapi dengan kaca pelindung. Penggunaan kaca pada helm SNI ini juga bisa mencegah debu dan virus yang ada di jalan termasuk virus corona yang berada dimana-mana.

3. Gunakan sarung tangan full

Selain helm SNI, sarung tangan yang menutupi jari secara full juga wajib dikenakan saat membawa sepeda motor. Selain untuk safety riding, tanganmu juga lebih terlindung saat menyentuh benda-benda. Pastikan kamu juga mencuci tangan saat melepas sarung tanganmu agar virus yang ada di sarung tangan itu juga tidak tertinggal di tanganmu. 

4. Gunakan Kacamata

Sementara kacamata ternyata juga bisa dapat menahan virus masuk melalui mata kita. Selain untuk menghindari debu agar tidak masuk kedalam mata, kacamata ini juga dapat mencegah virus corona. Tetapi ingat harus rajin dibersihkan juga kacamatanya jika sehabis digunakan.

5. Selalu menjaga kebersihan

WHO telah mengimbau agar kita selalu menjaga kebersihan, termasuk kebersihan motor dan alat-alat lainnya seperti helm dan masker. Kita harus mulai membiasakan selalu mencuci tangan setelah berkendara setibanya di rumah. Bisa juga kalian selalu membawa hand sanitizer ke mana pun kalian pergi.

Tak hanya itu, kita juga harus lebih sering mencuci motor, helm, masker, dan jaket yang kita gunakan. Hal ini bertujuan untuk mencegah penyebaran virus corona yang semakin masif.

6. Pastikan tubuh dalam kondisi prima

Nah, sebelum berkendara di musim corona ini kalian harus pastikan kalau kondisi tubuh kalian fit dan prima. Hal ini diperlukan agar tidak terjadinya penurunan imunitas yang bisa menyebabkan mudahnya tertular virus corona.

Untuk itu kalian harus selalu minum vitamin dan sumplemen untuk menjaga kondisi tubuh yang fit dan prima.

7. Hindari touring dan kopdar

Selama pandemi corona berlangsung, kamu diimbau juga untuk menghindari keramaian. Oleh karena itu, sementara waktu hindari kopi darat dan touring beramai-ramai bersama teman, apalagi ke luar kota.

Semua tips diatas merupakan salah satu cara memutuskan mata rantai penyebaran virus corona walaupun kita harus tetap beraktivitas diluar rumah