5 Hal Penting Etika Meeting Online ketika Work From Home

Saat pemerintah tengah menginformasikan social-distancing, sehingga banyak kantor yang menerapkan kebijakan work from home atau kerja di rumah bagi karyawannya.

Sewaktu kerja di rumah, para karyawan harus tetap berkomunikasi dan berkoordinasi dengan tim. Karena itulah meeting online jadi aktivitas baru yang kadang masih bikin bingung.

Beberapa etika yang perlu diperhatikan saat kamu menjalankan meeting online.

1. Berpakaianlah yang Baik dan Sopan

Usahakan untuk tetap berpakaian rapi dan sopan, Kamu bisa menggunakan atasan yang rapi, seperti kemeja dengan bawahan yang nyaman, Karena yang mereka lihatnya hanyalah dari bagian dada ke atas.

2. Selalu Berkomunikasi

Melakukan pekerjaan di kantorpun tetap ada waktu untuk kamu untuk bisa beristirahat atau sekadar mengambil air minum. tetapi jika work from home seperti ini, pastikan orang yang sedang diajak rapat mengetahui kamu hendak melakukan apa. Sehingga mereka selalu mendapat informasi terbaru tentang keberadaanmu. bisa juga gunakan fitur chat jika ada rekan lain yang sedang berlangsung percakapan agar tidak memotong percakapan mereka.

3. Lupa Gunakan Tombol Mute

Suasana di rumah kadang membuat meeting menjadi tidak kondusif dan kurang nyaman. Akan ada banyak suara yang bisa masuk selama rapat online. Untuk menjaga suasana yang kondusif dan tidak terganggu, kamu bisa menerapkan mode Mute jika kamu tidak sedang berbicara atau berbicara diluar area rapat online. Sehingga kamu bisa leluasa untuk rapat sembari makan, dan jangan lupa juga ketika anda ingin bicara fungsikan tombol mute menjadi unmute.

4. Tidak Memotong Pembicaraan

Saat ada yang berbicara dalam rapat online, sebaiknya kita tidak memotong pembicaraan dari rekan atau klien, sebab akan terjadi salah faham atau informasi yang disampaikan jadi tidak lengkap, sebaiknya jika dari mereka membolehkan atau memberikan izin untuk boleh menanggapi informasi yang disampaikan

5. Pastikan Fitur Video Selalu Aktif

Jangan lupa juga, periksa dan pastikan fitur video selalu aktif, jangan sampai kamu membuat kesalahan dengan tidak memfungsikan video, atau hanya mau menggunakan suara. Periksa setingan di smartphone atau Laptop kamu agar mengizinkan kamera terbuka saat aplikasi digunakan. lalu pilih dan gunakan tempat yang rapih, enak dilihat karena mereka melihat juga tempat yang kita gunakan untuk rapat online

Meskipun conference call dilakukan dengan sesama teman kantor, bukan berarti aktivitas tersebut berlangsung dengan serius. Seperti layaknya rapat biasa, terkadang harus dibumbui dengan canda tawa. Jadi tetaplah berbahagia meskipun berada jauh dari teman teman kantor.